News

Motor dan Perawatannya

Posted by Administrator | | Category: |

Motor merupakan kendaraan pribadi yg selalu di pakai kemana aja motor suzuki smash merupakan motor pilihanku ketika aku membeli motor, dan banyak yang bilang irit dan gesit ternyata tidak begitu kalo dibilang irit masih kalah dengan motor honda. Kalo gesit memang motor suzuki smash jagonya.

Motor kadang kalo kurang perawatan menjadi loyo larinya dan rewel di kendarai. Saya ada beberapa tips masalah perawatan motor bagi yang sedikit males dengan perawatan



1. Carburator.
Carburator merupakan jantung dari motor kalo karburator kotor jalannya kesendat sendat apa lagi kalo kemasukan air lebih parah, biasanya kalo kotor ketika akan pindah gigi hentakan terasa banget nyendul. Kuras bensin dengan membuka baut keluaran bensin sampai habis, kemudian semprotkan carburator cleaner melalui saluran udara kuras sampai bener - bener bersih.

2. Filter oil.
Filter oil sangat penting jika filter oil kotor sangat besar pengaruhnya ke mesin, mesin jadi kasar suaranya karena pelumasan kurang dan bisa over head karena mesin kepanasan. Ini di sebabkan karena filter oil kotor, jika filter oil kotor oil yg ada di bak oil tidak bisa di alirkan ke bagian bagian mesin karena tersumbat di filter oil sehingga pelumasan berkurang akibatnya mesin cepet panas dan bisa over head kepanasan. Ganti filter oil dg yg baru jika kilometernya sudah mencapai 5000 KM.

3.Rantai.
Rantai jika tidak di rawat akan menimbulkan masalah rantai bisa putus di jalan karena kurang peawatan, paling tidak dalam waktu seminggu sekali rantai di lumasi dengan oil, pemasangan rantai jangan terlalu kencang bisa mengakibatkan putus.

4. AKI Motor.
Aki jika tidak di rawat juga akan menimbulkan masalah jika yang dulunya aki motor menggunakan aki basah jangan coba coba menggantinya dengan aki kering karena amper dan cara pengisianya berbeda, jika di paksakan akan boros beli aki karena aki jebol. Jika air aki sering kering dalam waktu singkat berarti kiprok nya rusak alias jebol karena over cass tegangan dari kiprok. Paling tidak aki harus di cek 1 bulan sekali untuk mengontrol ketinggian air aki.

5. Oli Mesin.
Gantilah oil mesin paling bagus setiap 1500/2000 KM karena di atas 2000 KM oil kurang bagus untuk pelumasan mesin. Fungsi oil untuk mengurangi gesekan logam yang ada di dalam mesin jadi rajin ganti oil kalo tidak motor anda cepet turun mesin.

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat sukses selalu.


Salam biker's.............

info : http://smasher-bandung.blogspot.com

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply